Skip to main content

Bagaimana Omnichannel Merubah Trend Dunia Marketing?

Bagaimana Omnichannel Merubah Trend Dunia Marketing?

Strategi marketing terus berkembang dari waktu ke waktu. Omnichannel menjadi salah satu strategi marketing yang di sukai banyak marketer sekarang ini.

Omnichannel marketing adalah integrasi semua titik kontak pelanggan, termasuk saluran offline dan online.

Hal ini memungkinkan untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan.

Istilah "omnichannel marketing" pertama kali diciptakan oleh Gartner pada tahun 2003 untuk menggambarkan cara pemasaran baru yang menggabungkan saluran offline dan saluran online.

Strategi omnichannel mengacu pada kemampuan untuk menjangkau pelanggan menggunakan semua jenis perangkat digital, seperti web, aplikasi seluler, atau chatbot.

Perusahaan semakin banyak menggunakan strategi omnichannel karena telah terbukti metode ini adalah cara yang lebih efisien untuk menjangkau pelanggan.

Sekarang ini Omnichannel menjadi bagian penting dari bisnis karena memberi pelanggan pengalaman yang dipersonalisasi dan memastikan bahwa mereka puas.

Langkah-langkah Penting Dalam Menerapkan Strategi Omnichannel

Menerapkan strategi omnichannel adalah tentang bagaimana menomorsatukan pelanggan dan memberi mereka penglaman semulus mungkin.

Di bawah ini adalah Langkah-langkah yang bisa anda ikuti untuk menerapkan strategi omnichannel.

1. Membangun Divisi Khusus Pelayanan Pelanggan

Ciptakan sebuah organisasi khusus yang untuk menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan pelayanan pelanggan.

Tim ini di khususkan untuk membahas isu-isu seputar pelanggan mulai dari kebiasaaan sampai dengan keluhan-keluhan yang sering disampaikan oleh pelanggan.

Anda juga bisa menugaskan tim ini untuk melakukan survey-survey tertentu untuk membuat produk anda benar-benar menjadi produk favorit pelanggan dan meninggalkan competitor anda.

Tugas anda sebagai pemilik bisnis adalah mendengarkan masukan dari tim ini dan mengkordinasikan ide-ide mereka ke bagian produk development.

2. Management Stok Barang

Proses pendistribusian produk kepada pelanggan harus selancar mungkin. Jangan sampai anda menjual barang kepada pelanggan tetapi and sudah kehabisan stok barang.

Seringkali terjadi pembeli memesan produk melalui toko online anda dan ternyata setelah di cek barang sedang tidak tersedia.

Untuk mengatasi hal ini anda harus memiliki manajer inventori yang akan berkordinasi dengan web master kaitanya dengan update ketersediaan barang.

3. Kumpulkan Sebanyak Mungkin Data

Perilaku pelanggan terkadang susah di tebak, karena pada dasarnya mereka akan terpengaruh dengan kondisi atau tren di dunia luar.

Dengan menggunakan pendekatan omnichannel anda bisa mengumpulkan sebanyak mungkin data.

Dengan data yang mencukupi anda akan dapat memahami pelanggan dengan baik dan juga perubahan-perubahan yang terjadi di diri mereka sesegera mungkin.

4. Mapping Customer Journey dari Semua Channel

Memahami perjalanan pelanggan sampi ke customer service anda sangat penting untuk di lakukan.

Apa saja channel yang mendatangkan paling banyak traffic dan closing penjualan wajib anda pahami.

Keuntungan menggunakan omnichannel adalah setiap software omnichannel sudah di lengkapi dengan tool analytics yang akan memberikan anda data-data memadai terkait dengan perjalanan customer anda.

Mapping customer journey yang benar akan sangat mempengaruhi kesuksesan marketing campaign yang anda lakukan.

5. Memahami Segmentasi Customer

Dengan data yang anda punyai anda bisa dengan mudah membuat pengelompokan pelanggan sesuai dengan karakteristik mereka masing-masing.

Pengelompokan ini nantinya juga akan lebih memudahkan anda untuk melakukan promosi produk-produk baru.

6. Customer Service yang Responsif

Responsif customer service berarti adalah layanan yang siap sedia membantu pelanggan tanpa mengharapkan imbalan berupa pembelian produk.

Banyak pemiliki bisnis yang tidak memahami hal ini, mereka menempatkan customer service sebagai agen penjualan yang terlalu agresif tanpa mengindahkan kebutuhan dan kesulitan customer.

Hal seperti inilah yang membuat pelanggan anda pergi dan tidak lagi mau berurusan dengan bisnis anda.

Penutup

Seperti halnya pendekatan marketing lainya, metode omnichannel membutuhkan konsistensi dan langkah yang tepat untuk mendapatkan kesuksesan.

Pada dasarnya tidak ada pendekatan marketing yang tidak membutuhkan ketekunan dan focus dalam menjalankanya. Saat ini omnichannel menjadi pilihan yang ideal karena efektifnya strategi ini.

Newest Post