Skip to main content

Cara Transfer Uang ke Rekening Orang

Cara Transfer Uang ke Rekening Orang

Cara Transfer Uang ke Rekening Orang - Setiap hari selalu ada transaksi transfer uang yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain. Dan hal ini akan terus terjadi, karena memang selalu ada perputaran uang di dunia ini, baik skala yang kecil hingga skala besar.

Dulu, kegiatan transfer uang ke orang lain memakan waktu cukup lama. Karena harus dilakukan di kantor pos, ke bank atau ATM terdekat.

Sedangkan saat ini, kamu sudah bisa mentransfer uang dari mana dengan bermodalkan kuota internet. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk keluar rumah, manasin motor dan ngabisin bensin.

Namun sayangnya hal di atas hanya bisa dilakukan oleh orang yang melek teknologi. Sedangkan orang yang masih gaptek dengan teknologi biasanya masih memakai cara-cara lama (konvensional).

Nah, oleh karena itu saya akan membahas cara mentransfer uang secara konvensional terlebih dulu. Nanti di bagian akhir tulisan akan saya ulas tentang cara transfer uang untuk kamu yang sudah paham dengan teknologi internet.

Transfer Uang secara Konvensional

Meskipun kita sudah hidup di zaman yang serba canggih, namun masih banyak juga masyarakat yang lebih nyaman melakukan transfer uang dengan cara konvensional. Karena biasanya mereka menganggap cara tersebut lebih aman, nyaman, dan telah biasa dilakukan.

Berikut cara transfer uang ke rekening orang secara konvensional.

Tunai Melalui Bank

Cara pertama ini merupakan cara yang sangat umum dilakukan tatkala seseorang akan mengirimkan uang dalam jumlah besar. Karena transfer dalam jumlah besar biasanya tidak bisa dilakukan melalui ATM (ada batasan nominalnya).

Nah ketika akan mentransfer uang tunai melalui bank, maka kamu nggak harus punya rekening. Jika ternyata bank yang kamu pilih sama dengan bank tujuan, maka kamu juga tidak akan dikenakan biaya.

Caranya adalah:

  1. Pertama, mintalah nomor rekening orang yang akan menerima uang, lengkap dengan nama dan bank yang digunakan.
  2. Siapkan identitas kamu yang asli, dan siapkan seluruh uang yang akan ditransfer.
  3. Selanjutnya pergi ke bank. Kalau bisa gunakan bank yang sesuai dengan tujuan pengiriman (agar kamu tidak dikenakan biaya admin).
  4. Silahkan ambil nomor antrian, kemudian isi formulir yang ada. Jika bingung formulirnya yang mana, maka kamu bisa bertanya kepada satpam yang berjaga.
  5. Jika sudah selesai, berikan formulirnya ke teller agar segera diproses.

Selesai. Uang yang kamu kirim akan segera masuk ke rekening penerima.

Note: Apabila kamu ingin mengisi rekening kamu sendiri, maka cara ini juga bisa kamu lakukan.

Indomaret dan Alfamart

Cara transfer uang ke rekening orang yang kedua adalah dengan langsung mengunjungi indomaret ataupun alfamart. Kedua minimarket ini melayani semua konsumen yang ingin mentransfer uang.

Caranya sangat mudah. bawalah identitas diri, kemudian isi formulir, dan serahkan uang yang akan kamu transfer.

Kantor Pos

Kantor pos tidak hanya melayani pengiriman paket saja lho, tapi juga bisa mentransfer uang. Sudah banyak orang yang menggunakan kantor pos sebagai sarana untuk mentransfer uang mereka.

Layanan transfer uang menggunakan kantor pos ini disebut dengan layanan wesel. Pasti kamu pernah mendengar istilah ini kan? Wesel ini memiliki beberapa layanan yang dapat kamu pilih.

Ada wesel instan yang bisa mengirimkan uang kamu dalam waktu yang sangat singkat. Karena wesel instan ini memiliki sifat real time, ada PIN dan NTP atau nomor transaksi pusat yang langsung dikirimkan oleh kedua belah pihak.

Yang kedua ada wesel transfer tunai. Wesel ini merupakan sistem pengiriman uang dengan tunai ke kantor pos. Ini bisa diajukan ke berbagai rekening dengan real time.

Ada juga yang namanya wesel kemitraan, jenis wesel hasil kerjasama, sehingga tarifnya akan disesuaikan dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Yang terakhir adalah wesel prima. Wesel ini menggunakan surat pemberitahuan yang langsung diantar oleh kantor pos ke tempat penerima uang. Kamu bisa memilih salah satu layanan yang disediakan.

Menggunakan Aplikasi Transfer Uang

Nah, cara transfer uang ke rekening orang berikutnya yaitu dengan memanfaatkan canggihnya teknologi. Kini sudah banyak sekali aplikasi e-wallet yang bisa mempermudah urusan transfer uang kamu.

Penggunaannya super mudah, biaya admin murah, dan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun kamu mau. Bahkan kamu tidak perlu keluar rumah untuk mentransfer uangmu.

Salah satu e-wallet yang bisa kamu gunakan adalah Gopay.

Tentu kamu semua sudah kenal dengan Gopay kan? Nah Gopay ini bisa kamu dijadikan aplikasi andalan untuk melakukan banyak hal. Mulai dari memesan makanan, memesan ojek online, bahkan tenaga bersih-bersih rumah.

Gojek tidak hanya melayani pesanan makan, antar jemput, dan go clean, tapi juga bisa membantu kamu yang ingin mentransfer uang ke rekening orang.

Caranya super mudah. Pastikan dulu saldo di Gopay kamu cukup untuk mentransfer sejumlah uang yang akan kamu kirim. Di menu utama bagian atas ada menu transfer. Nah, klik saja menu tersebut, kemudian masukkan nominal lengkap dan nomor rekening tujuan.

Semoga bermanfaat ya. Bila kamu ingin mendapatkan info tentang bisnis online, maka kamu juga bisa membacanya di blog ini.