Skip to main content

Tips Mudah Untuk Menghemat Baterai HP Android

Tips Mudah Untuk Menghemat Baterai HP Android

Tips Mudah Untuk Menghemat Baterai HP Android - Berikut ada banyak panduan mengirit pemakaian daya baterei supaya lebih tahan lama yang gampang dipraktikkan. Sekarang handphone Android sudah diberi bermacam jenis feature cangguh dan peranan.

Tidak cuman dapat untuk memutar video, berhubungan di sosial media, sekarang hp bermanfaat untuk beberapa aktivias seperti cari jalur ke satu tempat, sampai bermain game online.

Lepas dari kehebatan yang dipunyai hp, pemakaian handphone yang intens pasti kuras baterei lebih cepat. Karena itu ada langkah-langkah gampang yang bisa diaplikasikan supaya baterei handphone Android Anda dapat bertahan lebih lama.

Langkah menghemat baterai di handphone Android

1. Aktifkan Dark Mode

Sejumlah besar dari handphone Android sudah diberi dengan feature model gelap (Dark Mode). Kecuali tenteram di mata, model ini dapat mengirit daya baterei, terutamanya pada handphone Android dengan monitor OLED.

Pada monitor OLED, pixel akan mati bila tampilkan warna hitam. Hingga ini bisa membuat baterei jadi tahan lama. Supaya lebih efisien, Anda dapat aktifkan Dark Mode di beberapa program lain seperti pada Instagram, WhatsApp, dan YouTube.

2. Matikan feature GPS

Feature GPS mempunyai kekuatan untuk mencari posisi secara real-time. Tetapi, bila diaktifkan secara terus-terusan, feature ini kenyataannya bisa kuras daya baterei. Oleh karenanya, benar-benar dianjurkan untuk cuman aktifkan feature GPS jika Anda sedang betul-betul memerlukannya, seperti saat sedang cari jalur ke satu posisi.

Agar bisa menonaktifkan feature ini, ke menu Settings, tentukan Location dan geser toggle Location Servis. Feature GPS dapat dimatikan dengan pilih pilihan yang berada di menu-bar yang berada di halaman khusus handphone.

3. Terus pakai WiFi

Data mobile yang aktif secara terus-terusan ternyata bisa percepat konsumsi daya baterei handphone Android. Anda bisa mematikan data mobile dan berpindah memakai jaringan WiFi.

Anda bisa juga aktifkan feature Airplane Mode untuk lebih memaksimalkan pemakaian baterei. Meskipun begitu, feature Airplane Mode akan menonaktifkan service provider hingga handphone tidak bisa terima panggilan dan SMS.

4. Jangan Gunakan Widgets dan Wallpaper Bergerak

Live Wallpaper pasti nampak tarik sebab sanggup tampilkan animasi bergerak. Tetapi, penggunaan feature ini seharusnya dijauhi bila Anda pengin baterei handphone lebih awet. Di samping itu, feature Widget yang datang di monitor homescreen mempunyai potensi dapat tingkatkan konsumsi daya baterei.

Periksalah widget yang mana tidak begitu diperlukan, lalu non-aktifkan. Cara ini dapat menolong mengirit penggunaan baterai.

5. Aktifkan Power Saving Mode

Bila baterei handphone Android ada pada kondisi gawat, Anda bisa aktifkan Power Saving Mode. Mode spesial ini bisa perpanjang penggunaan daya baterei dengan kurangi penggunaan CPU, pemakaian jaringan, dan tingkat kecemerlangan monitor.

Beberapa supplier handphone bahkan juga ikut sediakan Power Saving Model tambahan yang dapat menghemat baterei lebih jauh kembali dengan mematikan sebagian besar peranan piranti terkecuali yang paling landasan, yaitu telephone dan SMS.