Skip to main content

Cara Menghentikan Pelacakan Lokasi Anda di Android dan iOS

Cara Menghentikan Pelacakan Lokasi Anda di Android dan iOS

Cara Menghentikan Pelacakan Lokasi Anda di Android dan iOS - Apa Anda berasa seorang terus memerhatikan Anda dan mencari kehadiran Anda? Bila ya, Anda kemungkinan betul. Program di hp pintar Anda kerap kali mengikutkan pencarian yang mengikut apa yang Anda kerjakan dan ke mana Anda pergi. Bila Anda pengin privacy lebih, ada langkah untuk mematikan pencarian itu. Berikut langkahnya:

Cari info program yang mana mempunyai akses data posisi

Seharusnya awali dengan mengevaluasi program di hp Anda yang mempunyai akses ke data posisi. Ada fakta yang resmi kenapa banyak program mencari posisi Anda, jadi kenalilah jika menampik akses ke pencarian posisi bisa menahan beberapa program berperan dengan baik. Program navigasi seperti Google Maps, misalkan, tidak bermanfaat bila tidak paham di mana Anda berada. Program umum yang perlu jadi perhatian untuk pencarian posisi mencakup:

Program share tumpangan: Program seperti Uber dan Lyft akan mencari posisi Anda untuk sopir mereka, dan mereka kemungkinan melakukan terus-terusan, bukan hanya waktu Anda memerlukan tumpangan. Umumnya tidak ada langkah untuk mematikan pencarian posisi untuk program ini tiada menonaktifkannya

Langkah Hentikan Program Mencari Posisi Anda di Android dan iOS

  • Program penawaran dan coupon: Program ini coba kumpulkan info sebanyak-banyaknya dari Anda untuk maksud iklan, dan itu condong mengikutkan data posisi Anda.
  • Program informasi dan cuaca: Program ini mencari data Anda, beberapa untuk memberi info yang lebih bertarget berdasar posisi Anda. Tapi umumnya mereka tak perlu melakukan untuk beroperasi.
  • Program streaming: Ya, bahkan juga program seperti Netflix akan mencari posisi Anda, dan mereka sesungguhnya tidak mempunyai fakta yang pas untuk melakukan, terkecuali mempunyai potensi tangani content yang terbatasi secara geografis.
  • Program sosial media: Beberapa pencari posisi terpopuler!
  • Program asuransi mobil: Banyak program asuransi mobil bisa memakai sensor di hp Anda untuk bukan hanya mengecek posisi Anda dan juga hitung berapa cepat Anda berkendara atau berapa tajam Anda mengerem, dll.

Bagaimanakah cara menahan pencarian posisi di hp Android

Bila Anda mempunyai piranti Android, dan Anda pengin menonaktifkan pencarian posisi seutuhnya, karenanya gampang dikerjakan, walau panduan yang pas kemungkinan sedikit berlainan dari hp ke hp. Sekarang ini, sejumlah besar hp Android mengikut langkah yang serupa, walau ini bisa berbeda bersamaan dengan penyempurnaan.

Di Google Piksel 4, membuka Penataan> Posisi dan matikan Pakai posisi.

Pada Samsung Galaxy S20 Plus, membuka Penataan> L matikan dan okasi.

Pada Huawei P40 Pro, membuka Penataan> L matikan dan okasi.

Ini akan mematikan seluruh pencarian posisi, jadi tidak ada program yang bisa terhubung posisi Anda. Ini bermakna jika, secara teori, Google dan produsen hp tidak mencari atau simpan posisi Anda, walau masih ada bukti. Anda pun mungkin memperoleh iklan berdasar posisi alamat IP Anda.

Sayang, mematikan posisi benar-benar bermakna Anda tidak bisa mencari hp Anda bila raib, tidak bisa menyaksikan atau bagikan posisi Anda di Google Maps atau service peta yang lain, dan beberapa service dan program lain kemungkinan tidak berperan dengan baik.

Bagaimanakah cara batasi program spesifik di Android

Bila Anda memutus jika mematikan pencarian posisi benar-benar ialah cara yang begitu jauh, Anda masih bisa mematikan program spesifik yang Anda tidak mau mempunyai akses posisi. Satu kali lagi, perintahnya sedikit akan berlainan bergantung pada hp Anda.

Misalkan, pada Piksel, membuka program Penataan> Posisi> Ijin program.

Pada Samsung Galaxy, ada Penataan> Program> Menu (tiga titik di kanan atas)> Ijin program> Posisi.

Di hp Huawei, tentukan Settings> Apps dan notifications> Permissions> Your location.

Evaluasi daftar dan nonaktifkan apa saja yang Anda harapkan tidak mempunyai kekuatan untuk mencari posisi Anda.

Langkah menahan pencarian posisi di iPhone

Segala hal jadi sedikit lebih gampang dengan iOS, maka bila Anda pengin mematikan pencarian posisi di iPhone Anda, atau cuman batasi program spesifik, karena itu Anda perlu buka Penataan> Privasi> Service Posisi, di mana Anda bisa pilih untuk mematikan Service Posisi sama sekali.

Tetapi ingat jika ini akan mengubah beberapa service dan program, seperti Maps dan Find My iPhone, jadi ini kemungkinan cara yang begitu jauh. Walau, perlu dicatat jika Service Posisi bisa diaktifkan kembali ke piranti bila dalam Model Raib. Anda bisa mengubah iPhone ke Model Raib lewat iCloud.

Di Penataan> Privasi> Service Posisi, Anda pun akan menyaksikan daftar program yang mempunyai akses data posisi dan Anda bisa mengetok semasing program dan memutus apa harus dibolehkan untuk terhubung posisi Anda Tidak Pernah, Waktu Memakai Program, atau Selalu.

Bagaimana dengan data posisi yang telah terdaftar?

Saat ini sesudah Anda menahan bermacam program dan service mencari posisi Anda yang akan datang, Anda kemungkinan bertanya apa bisa meniadakan data posisi yang sudah dihimpun perusahaan mengenai gerakan Anda.

Bila Anda mempunyai hp Android, bisa minta Google untuk meniadakan kisah posisi Anda. Cukup turuti link itu, yakinkan Anda masuk di account Google Anda, dan ketok tombol Hapus Kisah Posisi. Ingat-ingatlah jika perlakuan ini akan meniadakan info secara tetap dan Anda tidak bisa memperolehnya kembali. Anda bisa masuk di account Google Anda di piranti apa saja untuk meniadakan kisah Anda dengan ini.

Bila Anda pengin hentikan Google secara tetap dari tiap pemakaian data posisi kembali, datangi halaman situs ini sesudah Anda selesai. Di mana disebutkan Kisah Posisi, yakinkan pilihan dimatikan. Ini adalah menu tempat Anda bisa menyaksikan rutinitas awalnya yang sudah dicari Google kecuali posisi, jadi ini kemungkinan perlu dibaca dengan teliti.

Apple lakukan bermacam hal secara berlainan: iPhone Anda terus-terusan mengawasi di mana tempatnya hingga Apple bisa membuat daftar Posisi Penting, tempat di mana Anda kerap pergi dan habiskan waktu (kantor, rumah, cafe, bar, taman, dan di mana pun). Apple lakukan ini untuk membuat otomatis arah di program Maps dan memberikan laporan jika data dienkripsi dan tidak bisa dijangkau bahkan juga oleh Apple, tapi bila menurut Anda itu agresif karena itu Anda bisa menghentikannya.

Pada iPhone, membuka Penataan> Privasi> Service Posisi dan gulir ke bawah untuk mendapati Service Mekanisme> Posisi Signifikan. Masuk bila Anda perlu, lalu mencari tombol Hapus Kisah dibagian bawah. Tentukan ini untuk meniadakan posisi sebelumnya. Bila Anda tidak mau Apple mencari informasi ini kembali, yakinkan tombol di atas dimatikan saat sebelum Anda tutup Penataan-nya.