Skip to main content

Begini Lho Cara Menggunakan ATM Berbagai Bank

Begini Lho Cara Menggunakan ATM Berbagai Bank

Begini Lho Cara Menggunakan ATM Berbagai Bank - Langkah memakai ATM bermacam bank sesungguhnya hampir serupa dan tidak berbeda jauh di tiap cara-caranya. Anjungan Tunai Mandiri atau ATM adalah alat elektonik yang mempermudah nasabah bank untuk lakukan bermacam transaksi bisnis elektronik seperti, transfer, setor tunai, bahkan juga ambil uang tanpa harus pergi ke bank.

Dengan ini tentu saja bertambah lebih dipermudahkan dengan adanya mesin ATM yang dapat dengan gampang ditemui di beberapa tempat. Untuk lakukan transaksi, Anda perlu memerhatikan banyak hal dan beberapa langkah pemakaian supaya bisa memakai ATM itu.

Berikut langkah memakai ATM bermacam bank, dikutip dari bermacam sumber:

Langkah Ambil Uang di ATM

Untuk ambil uang di mesin ATM, beberapa langkah yang dikerjakan sesungguhnya hampir serupa di seluruh tipe bank. Walau kadang tiap mesin ATM menyediakan feature yang lain, tetapi Anda dapat mengikut panduan pada monitor yang ada. Tetapi, biasanya langkah ambil uang di ATM dapat dikerjakan dengan cara berikut ini:

  1. Masukan kartu ATM ke dalam mesin
  2. Yakinkan simbol bank ada di status atas
  3. Selanjutnya tentukan bahasa yang kamu pengin pakai sepanjang proses ambil uang (tentukan bahasa Indonesia)
  4. Pada monitor akan tampil pesan berbentuk panduan aman berbisnis di ATM, tentukan "teruskan"
  5. Seterusnya dengan masukkan pin ATM Kamu yang sejumlah 6 digit. Janganlah sampai salah sekitar 3 kali. Bila salah sampai 3x karena itu kartu ATM Kamu akan diblokir.
  6. Lalu akan tampil penampilan nominal angka dalam rupiah yang akan Kamu tarik. Tentukan jumlah nominal yang pengin diambil
  7. Bila tidak tentukan "transaksi lainnya" lalu tentukan "penarikan tunai" selanjutnya masukan nominalnya.
  8. Selanjutnya akan tampil verifikasi opsi nominal Anda. Bila betul tentukan "Betul ".Bila salah tentukan "Salah" dan masukan kembali nominalnya.
  9. Jika transaksi sukses, karena itu uang akan keluar dan dengan resinya.
  10. Ada banyak ATM yang tidak keluarkan resi sebab kekurangan kertas atau benar-benar di seting supaya saldo cuman keluar di monitor saja.
  11. Paling akhir akan tampil tulisan, "Apa kamu pengin meneruskan transaksi lain?" bila Anda memilih Tidak, karena itu kartu ATM akan keluar.
  12. Yakinkan segala hal telah ada di lokasi yang aman saat sebelum kamu keluar dari ATM. Yakinkan uang dan kartu ATM telah masuk di dalam dompet.

Langkah Ambil Uang di ATM Bersama

Sekarang, lakukan transaksi bisa juga dikerjakan di seluruh mesin ATM dengan tipe bank yang berbeda. Seandainya, kartu ATM Anda mempunyai simbol ATM Bersama. Di samping itu, yakinkan kamu menyaksikan simbol ATM Bersama pada mesin ATM yang akan Anda gunakan.

Langkah memakai ATM bersama tidak berbeda jauh dengan biasanya. Anda masih dapat ambil uang tunai dengan mengikut beberapa langkah sama mesin ATM yang Anda gunakan. Ada banyak hal yang penting diingat bila pengin memakai ATM bersama.

Tidak seluruhnya kartu ATM dapat dipakai pada mesin ATM bersama. Oleh karenanya check kartu ATM, apa ada simbol ATM Bersama. Bila ada bermakna Anda dapat nikmati sarana ATM bersama. Seterusnya yakinkan ada simbol ATM bersama pada mesin ATM. Janganlah lupa check nominal uang pecahan yang berada di mesin ATM

Sesudah memeriksa banyak hal itu, kamu bisa ambil uang selaku salah satunya langkah memakai ATM Bersama. Seterusnya, langkah memakai ATM Bersama akan mengikut langkah mengambil uang di semasing mesin ATM yang kamu gunakan.

Sebab memakai mesin ATM yang lain dengan bank yang Anda pakai, tentu saja nasabah akan dikenai ongkos administrasi. Ongkos administrasi tiap transaksi yang dikerjakan di ATM Bersama umumnya beragam, bergantung dari peraturan semasing bank.

Bahkan juga, ada bank yang tidak tarik ongkos saat nasabah lakukan transaksi di ATM Bersama. Tetapi, nasabah bank BRI, Mandiri, BNI, BCA dan yang lain akan dikenai ongkos transaksi. Biaya yang sudah diputuskan seperti berikut:

  • Transfer uang di ATM Bersama biayanya Rp. 6500
  • Biaya mengambil uang di ATM Bersama Rp. 7500
  • Check saldo di ATM Bersama dikenakan ongkos Rp. 4000

Langkah Transfer Uang Melalui ATM

  1. Masukan kartu ATM ke mesin ATM, yakinkan status simbol kartu berada di atas.
  2. Tentukan tipe bahasa yang akan dipakai
  3. Selanjutnya, Anda akan disuruh untuk masukkan nomor PIN 6 digit
  4. Selanjutnya akan tampil beberapa opsi tipe transaksi bisnis, click tombol "Transfer"
  5. Tentukan Bank tujuan transfer (contoh tentukan BRI  untuk transfer uang ke sama-sama rekening BRI)
  6. Saksikan opsi daftar code bank untuk menyaksikan code bank tujuan transfer
  7. Bila telah mendapati code bank, tentukan "Kembali lagi"
  8. Lalu, masukan code bank dan nomor rekening tujuan
  9. Tentukan "BENAR" untuk proses selajutnya
  10. Di monitor ATM akan tampil: Masukan nomor rujukan (kosongkan jika tidak ada) langsung click selajutnya saja.
  11. Masukan jumlah nominal yang akan di transfer
  12. Transaksi akan diolah dan dalam perhitungan detik, monitor ATM memperlihatkan Data tujuan transfer yang berbentuk info Bank, nama, nomor rekening tujuan, dan jumlah uang transferan.
  13. Periksa lagi info itu, bila telah betul tentukan "Ya" bila ada info yang keliru tentukan "Tidak"
  14. Lalu akan tampil info: Transaksi Anda sukses dikerjakan.
  15. Usai transaksi, kartu ATM akan keluar dari mesin ATM. Yakinkan terus Anda ambil kembali lagi saat sebelum Anda tinggalkan posisi ATM.

Langkah Setor Tunai Lewat ATM

  1. Persiapkan uang yang akan dimasukkan pada tabungan lewat mesin ATM.
  2. Yakinkan juga keadaan uang itu pada keadaan yang bagus, tidak pada kondisi terlipat, sobek atau tertempel stripeless
  3. Yakinkan mesin ATM berperan untuk lakukan serahkan tunai (CDM)
  4. Akses mesin ATM setor tunai dan masukan kartu ATM, yakinkan simbol ATM ada di bagian atas supaya pastikan bisa dibaca oleh mesin.
  5. Selanjutnya tentukan lah tipe bahasa yang akan dipakai, tentukan bahasa Indonesia.
  6. Masukan PIN ATM
  7. Masukan Personal Identification Number (PIN) yang Anda punyai. Harus diingat, janganlah sampai salah masukkan PIN ATM sekitar 3x, hal itu bisa mengakibatkan kartu ATM terblokir.
  8. Verifikasi Setor Tunai
  9. Sesudah masukkan PIN secara benar, Anda akan dibawa pada menu serahkan tunai, lalu tentukan lah menu "Setor Tunai ".Yakinkan uang yang akan Anda setorkan itu ialah pecahan Rp. 50 ribu atau pecahan Rp. 100 ribuan. Kecuali pecahan itu mesin CDM tidak terima dan uang akan dibalikkan pada Anda. Seterusnya tentukan "Teruskan ".
  10. Masukan Uang Setoran
  11. Selanjutnya, masukan uang yang akan disetor ke kotak setor. Yakinkan keadaan uang itu dalam status yang betul dan pada kondisi yang betul yaitu tidak terlipat, tidak kusut, tidak basah, tidak lain-lain dan sobek. Hal itu mempunyai tujuan supaya uang yang disetorkan diterima oleh mesin.
  12. Verifikasi Setor Tunai
  13. Selanjutnya, mesin CDM secara automatis akan hitung uang yang Anda masukan, selanjutnya di monitor mesin akan memperlihatkan perincian jumlah uang yang akan ditabung. Tahap selanjutnya ialah tentukan menu "Setor". Bila Anda telah tidak mau lakukan transaksi kembali tentukan menu "Tidak" dan selekasnya mengambil kartu ATM Anda.