Skip to main content

Mulai Kerja Dari Rumah Dengan Wirausaha Bisnis Online

Mulai Kerja Dari Rumah Dengan Wirausaha Bisnis Online

Mulai Kerja Dari Rumah Dengan Wirausaha Bisnis Online - Beraneka macam jenis bisnis online dapat menjadi pilihan untuk wirausaha yang terbaik. Dengan memilih jenis usaha online yang sesuai tentunya dapat menjadi penentu kesuksesan bisnis kamu di masa depan, tentunya bagi kamu yang ingin mencoba untuk memulai bisnis sendiri.

Ada banyak pilihan bisnis online yang tentunya dapat kamu coba. Jenis bisnis online terbagi dalam bermacam klasifikasi, misalnya bisnis online berdasarkan tempat jualannya, berdasarkan sumber produk, atau berdasarkan apa yang diminati konsumen.

Untuk mencoba memilih jenis bisnis online yang cocok denganmu, maka kamu perlu lakukan riset untuk menyesuaikan dengan kemampuanmu.

Berikut di bawah ini jenis bisnis online yang perlu kamu ketahui dan dapat dicoba untuk memulai usaha online.

Bisnis online berdasarkan tempat berjualan

Bisnis online dengan website sendiri

Untuk mulai jualan online, kamu dapat mencoba dengan memulai bisnismu dengan websitemu sendiri. Buatlah website sendiri yang khusus untuk memajang dan memasarkan produkmu secara online.

Ada banyak platform yang menyediakan tempat untuk membuat website yang tentunya dapat kamu gunakan untuk mulai membuat website sendiri. Mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar, seperti blogspot atau wordpress.

Apabila ternyata dengan membuat website sendiri dirasa terlalu sulit untukmu, maka cara lainnya kamu dapat mencoba jualan produkmu melalui akun sosial mediamu sendiri seperti melalui Instagram, Facebook, atau Twitter. Sosial media dapat menjadi tempat gratis yang dapat dimanfaatkan untuk mulai mencoba jualan produkmu secara online.

Bisnis online melalui marketplace

Selain dengan membuat website sendiri atau memanfaatkan media sosial, usaha online atau bisnis online juga dapat kamu coba dengan dimulai dari marketplace.

Situs jual beli online yang sudah ada dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memulai berjualan produk secara online. Dan sekarang ini sudah banyak marketplace yang dapat dimanfaatkan untuk jualan produk secara online.

Sistem di marketplace tentunya sudah lebih terorganisir karena memang situs-situs jual beli online tersebut dikhususkan untuk berjualan secara online.

Macam-macam bisnis online berdasarkan dari sistemnya

Bisnis online reseller

Reseller merupakan salah satu dari jenis bisnis online yang cukup banyak diminati orang. Reseller juga dapat dibilang mirip dengan sistem perdagangan konvensional.

Dengan reseller, kamu tentunya harus membeli barang terlebih dulu dari supplier atau produsen, selanjutnya kamu dapat menjualnya kembali kepada konsumen lainnya.

Sistem reseller ini tentunya mengharuskan kamu untuk mengeluarkan modal dulu untuk membeli produk yang akan kamu jual, juga harus menyediakan ruangan sebagai tempat penyimpanan produknya.

Bisnis online dropshipper

Sistem bisnis online dengan dropshipper ini sebenarnya mirip dengan sistem reseller. Namun dropshipper merupakan sistem bisnis online yang melibatkan pihak ketiga (pihak dropshipper) yang berfungsi jembatan penghubung antara produsen dan konsumen.

Para dropshipper tidak perlu mengeluarkan modal seperti reseller untuk membeli produk yang akan dijual, dan juga tidak perlu menyediakan ruangan penyimpanan barang.

Yang perlu dropshipper lakukan yaitu menawarkan barang tersebut pada konsumen. Ketika ada konsumen yang tertarik membeli produk, maka dropshipper akan meneruskan pesanannya kepada produsen dan selanjutnya produsen akan mengirimkan produknya kepada konsumen.

Bisnis online produk handmade

Selain dari sistem reseller dan dropshipper, kamu juga dapat mencoba untuk memasarkan produk buatanmu sendiri. Sehingga kamu tidak bergantung pada produsen seperti halnya reseller dan dropshipper.

Produknya ini tentunya dapat kamu atur dan tentukan sendiri, misalnya membuat baju, sepatu, akesori, atau barang-barang kebutuhan lainnya. Dengan membuat produknya sendiri, maka kamu dapat menjamin kualitas atas produk, dan hal ini tentunya dapat membangun kepercayaan dari konsumen dengan lebih baik.

Jenis bisnis online yang banyak diminati

Bisnis fashion

Bisnis fashion menjadi salah satu bisnis online yang banyak diminati. Fashion ini tentunya mempunyai cakupan yang luas mulai dari jualan baju atau pakaian, sepatu, tas, aksesori, dan produk fashion lainnya. Tentunya di sini kamu dapat memilih untuk menjual salah satu jenis produk atau juga dapat mencoba menjual semua jenis produk fashion tersebut.

Bisnis kuliner

Jenis bisnis kuliner juga sangat menjanjikan dan juga memiliki cakupan yang luas, mulai dari jualan camilan, makanan berat, kue, minuman, dan jenis makanan lainnya seperti makanan-makanan yang kekinian.

Bisnis makeup dan skincare

Macam-macam bisnis online lainnya yang banyak diminati juga yaitu bisnis makeup dan skin care. Makeup dan skincare ini tentunya merupakan produk yang banyak dicari oleh kaum wanita. Kamu dapat memanfaatkan kebutuhan kaum wanita ini dengan menjual produk skincare atau makeup yang didapat dari supplier dan brand-brand ternama.

Bisnis jasa

Bisnis jasa juga bisa kamu coba selain menjual produk. Kamu dapat menjual jasa dari keahlian yang kamu miliki, seperti menjual jasa desain grafis, jasa penulisan, jasa konsultan, IT, pelatihan, dan tentunya masih banyak lagi kemampuan lainnya yang dapat mendatangkan uang dan dapat dilakukan secara online.