Skip to main content

Cara Merawat Konsol PS4 Kamu Agar Lebih Awet

Cara Merawat Konsol PS4 Kamu Agar Lebih Awet

Cara Merawat Konsol PS4 Kamu Agar Lebih Awet - Baru-baru ini, perusahaan Sony telah mengumumkan untuk kehadiran sebuah konsol terbaru mereka yang diberi nama PlayStation 5 (PS5).

Tampil untuk konsol terbaru PlayStation 5 ini hadir dengan bentuk yang cukup unik dan tentunya lebih cepat dari konsol yang sudah ada di pasaran saat ini, jadi wajar saja jika banyak para gamer yang berbondong-bondong ingin membeli konsul terbaru PS5 ini.

Namun berhubung masih belum diketahui untuk berapa kisaran harga untuk konsol PS5 ini dan kapan waktunya konsol baru Sony itu akan dirilis, maka sebaiknya untuk tetap bertahan dahulu dengan konsol PS4 lama yang kamu milik untuk saat ini.

Walau PS4 tentunya tidak dapat mengalahkan performa PS5, namun ada beberapa cara atau tips untuk merawatnya agar konsol PS4 kamu dapat tetap berjalan dengan mulus seperti pada awal dibeli.

Bagi kamu yang sebelumnya sudah membeli konsol PS4 pada saat pertama kali konsol ini diluncurkan 7 tahun yang lalu atau pada tepatnya tahun 2013, pastinya akan ada waktunya kalau performa konsol kamu akan menurun seiring dengan waktu.

Untuk itu, bagi yang sudah memiliki konsol PS4, ada baiknya untuk menyisihkan waktu sejenak untuk melakukan perawatan PS4 yang kamu miliki dengan baik dan benar.

Dan berikut di bawah ini adalah benerapa tips sederhana yang berguna untuk merawat konsol PS4 kamu agar lebih awet.

Jaga Suhu

Panas adalah salah satu penyebab masalah utama dari semua barang elektronik, termasuk juga dengan konsol PS4 ini.

Berbekal dari hardware CPU dan GPU kelas PC gaming yang tentunya tersemat di dalam boks berukuran kecil ini, maka wajar jika akan ada waktunya untuk konsol game kamu akan terasa panas pada saat sedang bermain.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka sebaiknya kamu tidak meletakkan atau menyimpan konsol PS4 kamu tersebut di dalam lemari kaca atau lemari kayu yang tertutup pada saat kamu sedang bermain.

Selain itu, jangan pernah lakukan untuk menumpuk kabel atau menyimpan perangkat lain di atas konsol. Bila perlu, coba kamu letakkan dudukan kecil di bawah kaki-kaki konsol beberapa sentimeter agar membuat sirkulasi udara dari dan keluar konsol menjadi lebih baik.

Letakkan konsol di Tempat Rata

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya bahwa konsol PS4 tersebut dapat diletakkan dalam keadaan posisi konsol berdiri (vertikal) atau pun dengan posisi tertidur (horizontal) dengan menyesuaikan pada kebiasaan atau pun menyesuaikan pada ruangan yang tersedia.

Sebaiknya untuk meletakkan konsol PS4 tersebut di atas permukaan yang rata dan terbuka seperti di atas meja. Hindari juga untuk meletakkan PS4 ini di atas karpet atau bantal atau permukaan yang lembut lainnya. Hal ini tentunya akan mengganggu pada sirkulasi udara di bawah konsol.

Bersihkan Debu

Musuh yang lainnya untuk konsol PS4 adalah debu yang pastinya akan ada dan tentunya harus segera diatasi. Tidak perlu ribet-ribut juga kok untuk membersihkan debu dari konsol ini.

Cukup lakukan dengan kain lap yang memiliki bahan yang lembut dan juga dengan cairan pembersih. Selain dapat membuat konsol PS4 lama kamu kembali terlihat bersih, juga hal ini dapat membantu sirkulasi udara untuk konsol akan menjadi lebih baik.