Skip to main content

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University - UNTAN atau Universitas Tanjungpura ini letaknya berada di pusat kota Pontianak. Lebih tepatnya yaitu terletak di Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi atau Jl. Jendral Ahmad Yani, Pontianak.

Tepat di depan kampus UNTAN berdiri sebuah tugu Digulis yang tentu saja sudah sangat terkenal. Oleh karena itu, kawasan ini lebih dikenal dengan nama kawasan bundaran UNTAN.

UNTAN atau Universitas Tanjungpura merupakan universitas yang pertama didirikan di Kalimantan Barat, sekaligus merupakan sebuah institusi preservasi ilmiah yang memiliki reputasi pendidikan yang berkualitas.

Universitas Tanjungpura didirikan pada tanggal 20 Mei 1959, dan pada saat ini UNTAN memiliki 9 fakultas dengan 95 jenis program studi, dan dengan jenjang pendidikan mulai dari S1, S2, S3 dan D1, D3, sampai D4.

Sekilas Sejarah tentang UNTAN

Yang menjadi awal terbentuknya UNTAN adalah Universitas Daya Nasional yang didirikan oleh beberapa tokoh politik beserta para pemuka masyarakat di Kalimantan Barat.

Pada saat itu UDN ini hanya memiliki dua buah fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga. Kemudian pada tanggal 27 Mei 1963, universitas swasta ini dinegerikan dan berubah menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP).

Dan perubahan ini juga ditandai dengan dibukanya 2 buah fakultas yang baru, yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik. Dan untuk Fakultas Tata Niaga yang sudah ada juga diubah menjadi Fakultas Ekonomi.

Pada tanggal 14 September 1665, nama UNEP kemudian berubah lagi menjadi Universitas Dwikora, dan fakultas baru kembali dibuka, yakni Fakultas Ilmu Soial dan Ilmu Politik.

Dan pada tanggal 15 Agustus 1967, nama universitas ini kembali mengalami perubahan, Dari Universitas Dwikora menjadi Universitas Tanjungpura (UNTAN).

Perkembangan selanjutnya adalah pelaksanaan integrasi Institute Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung Cabang Pontianak ke dalam Universitas Tanjungpura.

Integrasi ini kemudian menambah lagi fakultas baru di Universitas Tanjungpura, yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

UNTAN Terus Bertumbuh dan Berkembang

Pada tahun 1985, didirikan sebuah Politeknik UNTAN yang kemudian pada tahun 1997 diubah lagi menjadi Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP).

Dan bersamaan dengan perubahan tersebut, UNTAN kemudian membuka Program Diploma Tiga (D-3) Ilmu-ilmu Sosial.

Kemudian satu tahun setelahnya, UNTAN kembali mengembangkan sayapnya dengan kembali membuka Program D-3 untuk Budidaya Tanaman Perkebunan dan menjadi bagian dari Fakultas Pertanian.

Sesuai dengan perkembangan zaman, pada tanggal 24 Juni 1998 pula UNTAN kemudian menyelenggarakan Program Studi Magister Manajemen (MM) UNTAN.

Dan pada tahun 2000, UNTAN kembali membuka Program Strata Dua (S2) untuk Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial dan juga untuk dua Program Studi (Administrasi Negara dan Sosiologi).

Kemudian satu tahun setelahnya kembali membuka Program S2 untuk Studi Ilmu Hukum.

Tahun-tahun selanjutnya UNTAN terus mengembangkan diri, dan pada saat ini UNTAN sudah melayani pendidikan mulai dari jenjang pendidikan D1, D2, D3 dan D4, juga S1, S2, hingga S3.

UNTAN kini sudah memiliki kurang lebih 31 ribu orang mahasiswa yang tersebar dalam 9 Fakultas dan 95 Program Studi.

UNTAN tentunya memiliki visi yaitu untuk menjadi institusi preservasi serta juga sebagai pusat informasi ilmiah di Kalimantan Barat dalam upaya mengokohkan dasar peradaban pada era Ekosistem Digital sekarang ini.

Dengan demikian, maka perkembangan ini juga telah menciptakan sebuah universitas yang berbasis teknologi informasi atau kini lebih dikenal dengan istilahcyber university.

Cyber University yang berada di Pontianak ini akan mampu untuk mencetak lulusan-lulusannya yang akan mampu untuk berkompetisi di ditingkat daerah, nasional, regional, bahkan mampu bersaing di tingkat internasional.