Skip to main content

Nasihat Finansial Bagi Pasangan Baru Menikah

Nasihat Finansial Bagi Pasangan Baru Menikah

Nasihat Finansial Bagi Pasangan Baru Menikah - Menikah tentunya sudah pasti beda dengan melajang. Tidak hanya dilihat dari sisi kehidupan saja, namun juga dilihat dari sisi keuangan tentunya.

Oleh karena itu, persiapan finansial seperti berikut ini tidak boleh dilupakan bagi yang akan menikah atau bagi kamu baru saja menikah. Mari kita simak dengan baik-baik beberapa nasihat finansial berikut ini.

Terbukalah dengan keadaan keuangan masing-masing

Membicarakan keadaan keuanganmu pada pasangan adalah merupakan langkah awal yang paling bijaksana sebelum nantinya mengelola keuangan bersama.

Jangan sungkan-sungkan untuk memberitahukan pada pasanganmu terkait dengan gaji, hutang jika ada, dan juga berbagai cicilan yang kamu miliki.

Nah dari situ, selanjutnya kamu dan pasanganmu akan dapat lebih mudah untuk menentukan aset serta bisa lebih cermat ketika akan melakukan berbagai pengeluaran.

Tentukan rekening bersama untuk tempat penyimpanan uang kalian

Pada umumnya terdapat tiga pilihan yang dapat dipilih dalam menentukan rekening yang nantinya akan menjadi tempat penyimpanan uangmu dan pasanganmu.

Kamu dapat memilih untuk menggabungkan semua uang kalian ke dalam satu rekening saja, atau kamu juga dapat tetap memisahkan uang masing-masing dalam rekening pribadi, atau justru kalian membuat sebuah rekening untuk menyimpan sebagian uang dari kalian tetapi masing-masing tetap memiliki rekening pribadi.

Namun apapun pilihannya nanti, hal ini adalah penting untuk dilakukan dalam pengelolaan keuangan sebagai bentuk dari keterbukaan kalian terhadap pasangan.

Tetapkan tujuan bersama

Setelah masing-masing dari kalian terbuka pada satu sama lain, maka selanjutnya adalah kalian harus menentukan tujuan bersama supaya bida lebih mudah dalam mengalokasikan pendapatanmu dan juga sekaligus mempersiapkan untuk masa depan.

Kalian dapat membuat dua jenis tujuan yang berupa sesuai dengan jangka waktunya. Misalnya tujuan jangka pendek yang berupa pelunasan kredit atau cicilan atau menentukan anggaran untuk liburan, dan tujuan jangka panjang yang berupa dana pensiun dan biaya pendidikan untuk anak-anak nanti.

Melunasi hutang atau cicilan terlebih dahulu

Apabila dari kalian ternyata masih memiliki beberapa hutang atau cicilan yang belum terbayarkan, maka pastikan kalian untuk dapat melunasinya terlebih dulu sebelum kalian berniat untuk membeli barang-barang lainnya di luar kebutuhan pokok.

Membayar hutang atau cicilan adalah merupakan prioritas utama karena akan dapat mempercepat untuk membebaskan kalian dari beban finansial.

Menetapkan anggaran

Dengan menikah, maka kalian harus dapat lebih teliti dan disiplin untuk mengatur keuangan. Salah satu caranya adalah dengan menetapkan anggaran.

Seperti anggaran untuk berbelanja, bayar tagihan listrik, membeli gas, serta berbagai cicilan lainnya sudah harus kamu sisihkan.

Jadi sebaiknya kalian tidak membuat pengeluaran yang terlalu banyak untuk kebutuhan bulanan, usahakan maksimal 70 persen dari penghasilan.

Konsultasikan pada pasanganmu dahulu sebelum melakukan pembelian

Karena sekarang ini tentunya keuangan kamu dan pasanganmu adalah keuangan bersama, maka sekarang kamu harus selalu dapat melibatkan diri masing-masing ketika akan membeli sesuatu, terutama hal yang membutuhkan uang yang banyak. Hal ini ditujukan agar supaya masing-masing dari kalian bisa mengetahui kondisi keuangan kalian.

Menyiapkan dana untuk keadaan darurat

Dana darurat adalah berbeda lagi dengan dana untuk pensiun ataupun dengan tabungan. Dana darurat akan digunakan untuk mempersiapkan kalian ketika ada keadaan tertentu yang nantinya menuntut kalian harus melakukan pengeluaran ekstra.

Misalnya ketika ada salah satu anggota keluarga yang sakit, atau mungkin sewaktu-waktu terjadi bencana yang tidak diinginkan. Jadi sebaiknya pastikan bahwa kalian selalu menyisihkan uang untuk hal yang satu ini.

Menyiapkan dana pensiun

Satu hal yang harus diingat adalah bahwa kita semua tidak akan selamanya muda. Oleh karena itu, maka sangat penting untuk mengumpulkan uang untuk waktu pensiun.

Hal ini juga tentunya tidak berlaku hanya untuk pasangan yang baru menikah saja, namun kamu yang masih melajang juga adalah penting dalam menyiapkan dana pensiun.

Segerakanlah mulai menabung dari sekarang, karena tentu saja semakin cepat sehingga akan semakin banyak uang yang bisa dikumpulkan.