Skip to main content

Risiko Main Ponsel Ketika Sebelum Tidur

Risiko Main Ponsel Ketika Sebelum Tidur

Risiko Main Ponsel Ketika Sebelum Tidur - Bagi orang zaman sekarang ini, bermain ponsel atau hape bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, termasuk juga di antaranya pada malam hari. Namun, sebenarnya bermain ponsel atau hape sebelum tidur ini ternyata memiliki beberapa risiko pada kesehatan yang harus diwaspadai.

Banyak orang yang menganggap bahwa pada momen sebelum tidur ini tepat digunakan untuk bermain dan berselancar di dunia maya. Mereka menganggap bahwa membaca berbagai informasi di dunia maya melalui ponsel dipercaya pelan-pelan dapat membuat Anda tertidur pulas, padahal hal tersebut faktanya tidaklah demikian.

Dikutip dari situs resmi National Sleep Foundation, bahwa bermain ponsel atau bermain hape sebelum tidur dapat mengakibatkan secara fisiologis dan psikologis dapat mempengaruhi kualitas tidur, namun semua orang idtak menyadari akan hal tersebut.

Penggunaan ponsel atau smartphone atau perangkat elektronik lainnya sebelum waktu tidur akan dapat menekan proses pelepasan hormon melatonin yang berfungsi untuk merangsang tidur. Sehingga hal tersebut malah dapat membuat Anda sulit tertidur pulas.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah risiko bermain ponsel atau smartphone sebelum tidur:

  • Tidur menjadi lebih lama
    Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya di atas, bahwa cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel dan atau perangkat elektronik lainnya akan dapat menekan proses pelepasan hormon melatonin yang membuat Anda akan sulit tertidur. Semakin banyaknya perangkat elektronik yang digunakan sebelum tidue, maka Anda akan semakin sulit untuk tertidur pulas.
  • Dapat mengurangi tidur REM
    Tidur REM ini adalah sebuah tahap pada tidur yang sangat penting untuk dapat memulihkan pikiran dan tubuh. Dikutip dari Psychology Today, bahwa tidur REM yang kurang akan dapat menimbulkan rasa pusing pada kepala dan akan kesulitan untuk berkonsentrasi pada esok harinya.
  • Merasa lelah saat terbangun
    Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard University dan menemukan bahwa paparan cahaya dari ponsel di malam hari akan dapat membuat Anda merasa menjadi lelah dan merasa pusing pada saat bangun di pagi harinya. Akan membutuhkan waktu beberapa jam bagi mereka untuk dapat benar-benar terjaga di pagi hari.
  • Mengakibatkan depresi
    Pada sebuah studi yang dilakukan pada 1.101 orang remaja yang berusia 13-16 tahun, menemukan bahwa kualitas tidur yang menurun akibat penggunaan ponsel atau smartphone pada waktu sebelum tidur. Penggunaan ponsel pada larut malam ini dapat menyebabkan penurunan kesehatan mental, sebagai contohnya seperti suasana hati yang tertekan.

Dikutip dari The Guardian, bahwa peneliti utama Lynette Vernon dari Murdoch University, Perth, Australia, telah mengatakan bahwa temuannya ini menjadi bukti bahwa perlunya jam malam untuk penggunaan ponsel khususnya bagi remaja.

Dengan empat poin yang disebutkan di atas, maka akan lebih baik lagi jika Anda mulai berusaha untuk membatasi penggunaan ponsel pada malam hari, khususnya sebelum waktu tidur, demi menghindari risiko pada kesehatan Anda.