Skip to main content

Ajak Si Kecil Lebih Dekat Dengan Hewan

Ajak Si Kecil Lebih Dekat Dengan Hewan

Ajak Si Kecil Lebih Dekat Dengan Hewan - Merawat hewan peliharaan kadang sering menjadi kontroversi bagi keluarga yang memiliki anak kecil. Hal tersebut dapat dipicu oleh kekhawatiran sebagian orang tua dengan alasan penyakit dan juga kemungkinan hewan tersebut bisa mencederai buah hati mereka.

Padahal, hal tersebut terdapat banyak manfaat bagi tumbuh kembang si buah hati jika kita dapat mengajarkan sang anak untuk merawat hewan dengan baik.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Allergic and Clinical Immunology oleh ahli alergi dari Universitas Virginia telah menemukan bahwa semakin dini dan semakin lama anak memiliki hewan peliharaan, maka ini akan membuat anak semakin resisten pula anak terhadap penyakit alergi pada tahun-tahun berikutnya.

Mari kita simak berbagai manfaat dari merawat hewan bagi si kecil dan bagaimana cara untuk mendapatkan perlindungan yang baik untuk anak Anda.

Merawat hewan dapat menumbuhkan rasa kasih sayang dan empati

Intensitas kebersamaan yang terbangun karena keberadaan hewan peliharaan akan menumbuhkan hubungan emosional antara anak dan hewan peliharaannya. Dan tidak hanya itu, tingkah-tingkah lucu yang dilakukan oleh binatang peliharaan ini juga dapat membuat menjadi anak terhibur. Dengan begitu, maka hubungan emosional akan terjalin dengan sendirinya dan menumbuhkan rasa empati di dalam diri si kecil.

Anak Anda juga pastinya tidak aan tega kalau melihat hewan peliharaannya sakit dan akan bersedih jika hewan peliharaannya hilang atau mati, sehingga ia akan menaruh perhatian dan kepedulian terhadap keadaan hewan peliharaan tersebut.

Perhatian dan kepedulian juga merupakan wujud dari rasa sayang dan empati. Perasaan sayang yang terus-menerus dipupuki sejak dini akan berdampak baik bagi perkembangan psikologis anak Anda agar nantinya ia dapat tumbuh menjadi pribadi yang pengasih dan penuh dengan kasih sayang. Anda pastinya ingin memiliki anak yang peduli dengan lingkungan sekitarnya, bukan?

Mengurus peliharaan akan melatih anak untuk belajar mengemban tanggung jawab

Merawat hewan peliharaan memang tidak mudah, makanannya sampai kebersihannya pun harus terjaga sepenuhnya. Keberadaan hewan peliharaan di rumah akan memungkinkan Anda untuk membagi tugas dengan anak tersayang.

Dimulai dari kepedulian yang dimiliki sang anak terhadap peliharaannya, ia akan terlatih untuk turut memerhatikan semua kebutuhan hewan tersebut. Anda dapat memberikan tanggung jawab untuknya dengan memberikan tugas hal-hal yang mudah, seperti memberikan makanan pada hewan secara rutin.

Hubungan emosional yang sudah terjalin antara anak dan hewan Anda, akan membantu proses pelimpahan tanggung jawab tersebut. Ia akan dengan senang hati untuk merawat hewan peliharaannya karena ada perasaan sayang yang sudah mulai terpupuk di dalam dirinya.

Begitu anak Anda mulai beranjak dewasa, maka ia pun memungkinkan untuk diberikan tanggung jawab yang lebih besar lagi, seperti dalam hal membersihkan kotoran hewa dan memandikan hewan peliharaannya. Hal ini secara tidak langsung dapat menanamkan rasa tanggung jawab pada diri sang anak terhadap apa yang ia punyai dan ia sayangi.

Terlatih dalam tersebut sejak kecil maka juga akan memudahkan si kecil pada saat ia dewasa nanti. Anak pastinya akan terlatih untuk memilah-milah mana kewajiban yang harus ia dahulukan dan merasa segan untuk mangkir dari tugas-tugas dari sekolah ataupun orang tuanya.

Interaksi dengan hewan peliharaan dapat memicu anak menjadi aktif dan ekspresif

Dengan merawat hewan peliharaan, maka anak Anda jadi memiliki aktivitas lain selain bermain atau menonton televisi saja. Sekali-sekali Anda perlu mengajaknya untuk bermain keluar rumah dengan hewan peliharaannya sekedar untuk berjalan-jalan.

Selain hal ini dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk menjaga hewan peliharaannya, berjalan-jalan juga membuatnya menjadi lebih sehat serta dapat melatih anak untuk memerhatikan lingkungan di sekitarnya.

Tidak hanya itu, merawat hewan peliharaan juga dapat melatih kecerdasan emosional sang anak dalam mengungkapkan ekspresinya. Waktu yang dihabiskan bersama dengan hewan peliharaannya akan memberikan si kecil rasa nyaman sehingga ia nantinya tidak akan sungkan untuk mengungkapkan perasaan senangnya, bahkan ia dapat mengajak hewan peliharaannya berbicara. Hal ini akan memberikan gambaran bagi sang anak tentang mengenai bagaimana cara bersosialisasi yang baik ketika ia dewasa nanti.

Pembelajaran tentang nilai-nilai kasih sayang dan tanggung jawab ini adalah merupakan bentuk dari perlindungan yang bisa Anda curahkan kepada anak sejak dini dengan cara mengajarkan untuk merawat hewan peliharaannya dengan baik. Namun, akan berbahaya juga pada buah hati tersayang jika Anda tidak mencoba mengajarkan langkah-langkah yang tepat dalam merawat hewan peliharaannya.

Oldest Post